Biografi Kahlil Gibran Sang Penyair Terkenal di Dunia

- Rabu, 29 Juni 2022 | 20:53 WIB
Ilustrasi Puisi Tanya Sang Anak Kahlil Gibran (Archive/Bettmenn)
Ilustrasi Puisi Tanya Sang Anak Kahlil Gibran (Archive/Bettmenn)

Fokus Muria - Kahlil Gibran adalah seorang penyair Lebanon yang sebagian besar tinggal di Amerika. Namun sayang, ketika meninggal di usia 48 tahun, ia masih produktif menghasilkan karya sastra. Berikut adalah profil dan biografi Kahlil Gibran.

Bagaimana Latar Belakang Kahlil Gibran?

  1. Biografi Kahlil Gibran

Kahlil Gibran lahir dengan nama lengkap Jubran Khalil Jubran. Ia lahir pada 6 Januari 1883 di wilayah Bsharr, Lebanon. Kahlil Gibran dikenal sebagai seorang novelis, penyair, dan seniman.

Kahlil Gibran memiliki seorang ayah bernama Khalil Gibran. Nama ibunya adalah Kamila Gibran. Dia juga memiliki dua saudara perempuan bernama Mariana dan Sultana dan seorang saudara laki-laki bernama Peter. Keluarga Kahlil Gibran adalah Manonit, sebuah sekte agama Kristen yang berbasis di Lebanon.

Baca Juga: Biografi Harold Lasswell  Pelopor Teori Komunikasi

  1. Pindah ke Amerika Serikat

Kahlil Gibran menyelesaikan pendidikan dasarnya di Beirut, Lebanon. Setelah itu, ia bersama orang tua dan adik perempuannya kemudian pindah ke Boston, Amerika Serikat pada tahun 1895.

Namun beberapa tahun kemudian, ia kembali ke Lebanon pada tahun 1898 dan belajar di Madrasah Al-Hikmat (Sekolah Kebijaksanaan) dari tahun 1898 hingga 1901. Hanya beberapa tahun di tanah kelahirannya, ia kembali ke Boston, Amerika Serikat pada tahun 1903.

  1. Bertemu dengan Mary Haskell

Dalam biografi Kahlil Gibran diketahui bahwa pada tahun yang sama, Kahlil Gibran menerbitkan karya sastra pertamanya. Dan pada tahun 1907, Kahlil Gibran bertemu dengan Mary Heskell, orang yang sangat berpengaruh dalam kehidupan dan karir wanita Kahlil Gibran.

Mary Elizabeth Haskell adalah seorang kepala sekolah terkenal di Boston. Ia juga editor Kahlil Gibran.

Baca Juga: Bio Instagram Aesthetic Singkat, Berikut Adalah 10 Bio Ig Aesthetic Singkat Bahasa Inggris

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X