Biografi Torakusu Yamaha Pendiri Yamaha

- Rabu, 29 Juni 2022 | 21:00 WIB

Fokus Muria - Torakusu Yamaha dikenal sebagai pendiri Yamaha yang merupakan salah satu perusahaan manufaktur terbesar di dunia. Saat ini, perusahaan Yamaha dikenal dengan berbagai teknologi dan inovasinya, seperti di bidang otomotif, musik, dan elektronik. Bagaimana ceritanya? Beriku adalah biografi torakusu yamaha pendiri yamaha.

Bagaimana Biografi Torakusu Yamaha?

  1. Biografi Torakusu Yamaha

Torakusu Yamaha, dikenal sebagai pendiri Yamaha, lahir pada 20 April 1851 di Kishu Tokugawa. Daerah tersebut saat ini disebut Prefektur Wakayama. Torakusu Yamaha awalnya mendirikan perusahaan yang memproduksi alat musik organ pada tahun 1887. Ia juga dikenal sebagai orang yang sangat menyukai teknologi dan sains barat.

Baca Juga: Biografi Tirto Utomo Pendiri Aqua

Awal mula usahanya muncul ketika ia sangat menyukai jam tangan selama berada di Osaka, kemudian belajar membuat jam tangan dan juga belajar berbisnis di jalanan daerah Osaka. Karena kepiawaiannya dalam memperbaiki jam tangan, Torakusu Yamaha kemudian dipanggil ke sebuah rumah sakit yang terletak di Hamamatsu, prefektur Shizuoka untuk memperbaiki peralatan medis di sana.

  1. Menemukan Alat Musik Organ

Pada suatu kesempatan, pihak rumah sakit menanyakan apakah Torakusu Yamaha dapat memperbaiki organ (alat musik) yang rusak tersebut. kemudian mencoba memperbaikinya dan berhasil, peristiwa itu kemudian menjadi langkah awal Torakusu Yamaha untuk lahirnya brand Yamaha.

Melihat potensi bisnis alat musik organ, Torakusu Yamaha membuat cetak biru untuk bagian dalam alat musik organ, kemudian berhasil membuat prototipe alat musik organ yang dibuatnya sendiri.

Namun, organ (alat musik) Torakusu Yamaha telah dikritik karena kualitas suaranya yang buruk. Melihat hal tersebut, selama empat bulan Torakusu Yamaha kemudian mempelajari teori musik dan teknik penyetelan suara (Stem/Tune) pada alat musik organ buatannya.

Baca Juga: Bio Instagram Aesthetic Singkat, Berikut Merupakan 10 Bio Ig Aesthetic Singkat dalam Bahasa Inggris

  1. Mendirikan Perusahaan Yamaha

Hingga akhirnya berkembang dengan sia-sia dan alat musik organ buatannya kemudian diterima oleh masyarakat, membuat perusahaan Yamaha yang didirikan pada tahun 1897 bernama Perusahaan Nippon Gakki dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi alat musik organ di Jepang.

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X