Surah yang di Baca Malam Jum'at Menurut Imam Gazali

- Kamis, 6 Januari 2022 | 19:02 WIB
Disunnahkan membaca beberapa surat dalam al qur'an pada malam jum'at (Pikiran Rakyat)
Disunnahkan membaca beberapa surat dalam al qur'an pada malam jum'at (Pikiran Rakyat)

Fokus Muria – Hari Jumat adalah hari yang di istimewakan oleh umat Islam. Hari Jumat disebut juga sayyidul ayyam yang artinya penghuluunya hari.

Kaum Muslimin pda malam jum'at di sunnahkan untuk memperbanyak ibadah. Seperti membaca Al Qur'an, Tahlil, berdzikir dan lainnya.

Menurut cerita, hari Jumat juga hari turunnya Nabi Adam As dari Surga ke bumi dan diterimanya taubat nabi Adam As oleh Allah SWT.

Baca Juga: Sholawat Mansub, Amalan Habib Sholeh Tanggul agar Semua Urusan Lancar dan Bahagia Dunia Akhirat

Berikut ini surat yang di baca malam Jum'at yang di kutip tim Fokus Muria dari kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Gazali.

Imam Gazali menganjurkan umat islam untuk membaca beberapa surat dalam Alquran.

“Disunnahkan pada hari jumat atau pada malamnya, untuk melakukan shalat empat rakaat dengan membaca surat-surat berikut: Surat al-An’am, al-Kahfi, Taaha dan Surat Yasin. Jika tidak mampu maka bisa hanya dengan membaca Surat Yasin dan ad-Dukhan, alif laam mimm as-Sajadah dan Surat al Mulk”.

Membaca Surah Al Kahfi dapat dilakukan pada malam atau siang hari di Hari Jumat. Keutamaan membaca surat ini, Allah SWT akan memberikan ketenangan hati bagi umat-Nya yang membaca Surat Al Kahfi hingga satu pekan kemudian.

Baca Juga: Doa Ulang Tahun Untuk Memohon Kemuliaan Lengkap dengan Teks Arab, Latin, dan Artinya

Halaman:

Editor: Agus Ulin Nuha

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X