Puasa Tarwiyah, Ini Niat Puasa dan Keutamaan Lengkap dengan Hukum dan Waktu Pelaksanaannya

- Rabu, 22 Juni 2022 | 10:16 WIB
Puasa Tarwiyah, Ini Niat Puasa dan Keutamaan Lengkap dengan Hukum dan Waktu Pelaksanaannya
Puasa Tarwiyah, Ini Niat Puasa dan Keutamaan Lengkap dengan Hukum dan Waktu Pelaksanaannya

 

Fokus Muria - Hari Raya Idul Adha 1442 H akan tiba sebentar lagi, yaitu jatuh pada tanggal tanggal 9 Juli 2022. Sebelumnya seorang muslimin dan muslimat disunahkan untuk ibadah puasa. Ada dua puasa yaitu puasa tarwiyah dan Puasa Arafah.

Berikut Niat puasa, tata cara, keutamaan, dan kapan penyelenggaraan Puasa Tarwiyah?

Puasa Tarwiyah apa artinya?

Baca Juga: Kisah Singkat Nabi Musa, Kalian Harus Tahu Kisahnya


Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dikerjakan pada hari ke-8 bulan Dzulhijjah. Tepatnya, sehari sebelum hari wukuf. Dikutip dari Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah oleh Nur Solikhin, hal yang membedakan antara puasa Tarwiyah dan Arafah dengan puasa sunnah pada umumnya adalah waktu pelaksanaan dan niatnya.

Apa keutamaan puasa Tarwiyah?


Puasa Tarwiyah dilaksanakan dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha pada 10 Zulhijah. Keutamaannya tercantum dalam salah satu hadis yang berarti bahwa puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun.

Seseorang dalam melaksanakan puasa Tarwiyah tanggal 8 Dzulhijjah adalah bagaikan puasa setahun. Fadhilah ini tentu akan sangat membuat semangat umat Islam dalam mendapatkan keberkahan melaksanakannya.

Baca Juga: Diisukan Maju di Pemilihan Gubernur 2024? Ini Penjelasan Putra Sulung Joko Widodo, Gibran Raka Buming Raka

Fadhilah atau keutamaan ini telah dijelaskan dalam sebuah hadits berikut ini.

“Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti sebulan. Dan untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun,” (HR. Ali Al-Muhairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X