Biografi Lengkap Sunan Kalijaga atau Raden Said, Tokoh Wali Songo yang Ikut Menyebarkan Agama Islam

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 07:52 WIB
Raden Mas Said (Sunan Kalijaga) (wikipedia)
Raden Mas Said (Sunan Kalijaga) (wikipedia)

Fokus Muria - Sunan Kalijaga, seorang tokoh Wali Songo yang turut menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Namanya erat kaitannya dengan umat Islam di pulau Jawa, karena kemampuannya dan pengaruh Islam terhadap tradisi Jawa. Berikut biografi lengkapnya.

Biografi Sunan Kalijaga, nama asli Sunan Kalijaga adalah Joko Said yang diperkirakan lahir pada tahun 1450 Masehi. Sunan Kalijaga ialah putra dari Adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur. Ayah Sunan Kalijaga, Tumenggung Arya Wilatikyta, adalah keturunan pemberontak legendaris Majapahit, Ronggolawe.

Berdasarkan sejarah yang terkenal, bahwa Adipati Arya Wilatikyta telah memeluk Islam sejak sebelum Joko Said lahir. Meski beragama Islam, ia dikenal sangat kejam dan sangat berbakti kepada pusat pemerintahan Majapahit yang menganut agama Hindu.

Baca Juga: Fakta – Fakta Mengenai Willian James Sidis

Ini mengenakan pajak yang tinggi pada rakyatnya. Sementara itu, Joko Saig muda yang mengetahuinya dan tidak setuju dengan semua kebijakan ayahnya. Sebagai Adipati, Joko Said sering menentang kebijakannya.

Hingga pada akhirnya, pembangkangan itu terjadi saat Joko Saik membongkar lumbung kadipaten dan membagikan beras dari lumbung kepada masyarakat serban yang saat itu sedang dalam proses mencapai hasil akibat kemarau panjang.

Karena perbuatannya, ayahnya kemudian mengadakan persidangan untuk mengadili Joko Said dan menanyakan alasan atas perbuatannya. Joko Saik tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memberi tahu ayahnya alasannya.

Joko Said mengatakan bahwa dia melakukannya karena ajaran Islam. Dia mencatat bahwa makanan menumpuk di lumbung sementara orang-orangnya hidup dalam kemiskinan dan kesengsaraan.

Ayahnya tidak terima dengan alasan yang diberikan Joko Saik karena menganggap Joko Said mengajarinya dalam hal agama. Untuk itu, ia akhirnya mengusir Joko Said dari istana kadipaten dengan alasan baru saja pulang dan mampu menggetarkan seluruh Tuban dengan pembacaan ayat suci Alquran.

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X