Biografi Singkat Salahuddin Al Ayyubi Sebagai Panglima Islam Terbesar di Perang Salib

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:33 WIB
Salahuddin Al-Ayyubi
Salahuddin Al-Ayyubi

Fokus Muria - Dunia mengenalnya sebagai salah satu pemimpin Muslim terbesar yang pernah ada. Ia sangat dikenal oleh umat Islam di dunia dan juga terkenal di barat. Dia juga salah satu komandan Islam di Tentara Salib.

Panglima besar umat Islam Salahuddin Al Ayyubi atau Saladin dikenal luas ketika ia mampu menaklukkan kerajaan Yerusalem ketika dipimpin oleh Guy The Lusignan, Raja Yerusalem. Tentara Saladin dikenal sebagai tentara pemberani di bawah kepemimpinannya. Berikut ini merupakan biografi salahudin al ayyubi.

Baca Juga: Sosok Karama Wajh, Ali Bin Abi Thalib Sahabat Rasulullah

Bagaimana Biografi Salahuddin Al Ayyubi?

Ia terlahir dengan nama asli Yusuf bin Najmuddin yang kemudian dikenal sebagai Salahuddin Al Ayyubi. Orang Barat mengenalnya sebagai Saladin. Pemimpin besar Muslim ini lahir dari keluarga Kurdi di kota Tikrit dekat sungai Tigris, Irak pada tahun 1137 M.

  1. Masa kanak-kanak

Pada masa kecilnya selama sepuluh tahun dihabiskan untuk belajar di Damaskus dengan seorang anggota dinasti Zangid yang saat itu memerintah Suriah, yaitu Nur Ad-Din atau sering disebut Sultan Nur ad-Din Zangi.

Selain belajar tentang Islam, Salahuddin juga mendapat pelajaran militer dari pamannya bernama Asaddin Shirkuh yang dikenal sebagai panglima perang di Seljuk Turki.

Bersama pamannya, Saladin berangkat dari Damaskus atas perintah Sultan Nuruddin ke Mesir untuk menemuiku dari serangan pasukan Kristen. Sultan Nuruddin saat itu bercita-cita agar tidak semua wilayah Islam terpisah saat itu.

  1. Menjadi Khalifah Mesir

Meskipun Mesir ditaklukkan, Pamannya Asaddin Shirkuh meninggal. Kekosongan kepemimpinan setelah pamannya membuat Yusuf bin Najmuddin yang kemudian dikenal sebagai Salahuddin Al Ayyubi dipilih oleh para Amir untuk memimpin Mesir.

Baca Juga: Profil dan Biodata Pemain Melur Untuk Firdaus Agama, Nama Asli, Umur, Instagram Lengkap

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X