Biografi Singkat Thariq bin Ziyad Sang Panglima Islam Terkenal Menaklukkan Spanyol

- Minggu, 26 Juni 2022 | 21:47 WIB
Thariq bin Ziyad/wikipedia (Thariq bin Ziyad/wikipedia)
Thariq bin Ziyad/wikipedia (Thariq bin Ziyad/wikipedia)

Fokus Muria - Dalam sejarah Spanyol, ia dikenal sebagai Taric el Tuerto (Taric yang bermata satu). Namun dunia mengenalnya sebagai salah satu panglima Islam terkenal yang berperan besar dalam penaklukan Spanyol dan menyebarkan panji-panji Islam di tanah Spanyol. Beriku lebih lengkapnya biografi thariq  bin Ziyad.

Bagaimana Biografi Thariq bin Ziyad?

Nama lengkap penakluk Spanyol ini adalah Tariq bin Ziyad bin Abdullah bin Walgho bin Walfajun bin Niber Ghasin bin Walhas bin Yathufat bin Nafzau. Ia adalah putra dari suku Ash-Shadaf, penduduk asli daerah Al-Atlas, Afrika Utara. Tariq lahir sekitar tahun 50 Hijriah. Asal usul Tariq tidak diketahui secara pasti.

Menurut riwayat Syauqi Abu Khalil dan dikutip Alwi Alatas, disebutkan ada keturunan dari Bani Hamdan dari Persia, atau dari suku Lahm. Ada juga yang menyebutkan bahwa Tariq berasal dari Vandal. Namun, banyak sejarawan menganggapnya sebagai keturunan Berber.

Baca Juga: Biografi Kartosuwiryo Sang Pendiri Negara Islam Indonesia

Menurut Alwi Alatas Tariq berasal dari keluarga Muslim dan sudah dididik Islam sejak kecil oleh ayahnya pada masa pemerintahan Uqbah bin Nafi di Ifriqiya. Dia ahli menunggang kuda, menggunakan senjata, dan seni bela diri.

Setelah Rasulullah wafat, Islam menyebar dalam spektrum yang luas. Tiga benua tua, yaitu Asia, Afrika, dan Eropa, telah mengalami rahmat dan keadilan dalam pemerintahan Islam. Bukan Spanyol (Andalusia). Negara di daratan Eropa ini pertama kali masuk ke dalam pelukan Islam pada masa pemerintahan Khilafah Bani Umayyah.

Kondisi Spanyol Sebelum Kedatangan Tariq bin Ziyad

Sebelumnya, sejak 597 M, Spanyol diperintah oleh orang-orang Gotik, Jerman. Raja Roderick berkuasa saat itu. Dia memerintah dengan kejam. Dia membagi masyarakat Spanyol menjadi lima kelas sosial. Kelas pertama adalah keluarga kerajaan, bangsawan, orang kaya, tuan tanah, dan tuan tanah. Kelas imam kedua.

Kelas ketiga diisi oleh pegawai negeri seperti pengawal, pengawal istana, dan pegawai kantor pemerintahan. Mereka menjalani kehidupan yang biasa-biasa saja dan digunakan oleh pihak berwenang sebagai sarana untuk memeras rakyat.

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Niat Puasa Senin dan Kamis Beserta Keutamaannya

Minggu, 14 Agustus 2022 | 16:47 WIB
X