Biografi Al Khawarizmi, Memperkenalkan angka Hindu-Arab dan konsep aljabar ke dalam matematika Eropa

- Senin, 27 Juni 2022 | 19:56 WIB
5 Fakta Tentang Al-Khawarizmi, Salah Satunya Termasuk Tokoh yang Dikagumi Mark Zuckerberg. (Tangkapan Layar Youtube.com/Data Fakta)
5 Fakta Tentang Al-Khawarizmi, Salah Satunya Termasuk Tokoh yang Dikagumi Mark Zuckerberg. (Tangkapan Layar Youtube.com/Data Fakta)

Fokus Muria - Al Khawarizmi, atau lebih lengkapnya Muḥammad ibn Musa Al Khawarizmi seorang matematikawan dan astronom Muslim yang karya utamanya memperkenalkan angka Hindu-Arab dan konsep aljabar ke dalam matematika Eropa. Versi Latin dari namanya dan judul bukunya yang paling terkenal tetap hidup dalam hal algoritma dan aljabar.

Siapakah Al Khawarizmi?

Biografi Al Khawarizmi, Al Khawarizmi tinggal di Baghdad, di mana ia bekerja di Rumah Kebijaksanaan (Dar al hikma) di bawah kekhalifahan al Ma'mn. House of Wisdom memperoleh dan menerjemahkan risalah ilmiah dan filosofis, khususnya Yunani, dan menerbitkan penelitian asli.

Karya Al Khawarizmi tentang aljabar dasar, diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada abad ke-12, dari mana judul dan Istilah aljabar berasal dari. Aljabar ialah kompilasi aturan, bersama dengan demonstrasi, untuk menemukan solusi persamaan linier dan kuadrat berdasarkan argumen geometris intuitif, daripada notasi abstrak yang sekarang dikaitkan dengan subjek.

Baca Juga: Biografi John Adam Smith, Bapak Ekonomi Dunia

Pendekatannya yang sistematis dan demonstratif membedakannya dari perawatan subjek sebelumnya. Ini juga berisi bagian tentang menghitung luas dan volume gambar geometris serta tentang penggunaan aljabar untuk memecahkan masalah pewarisan menurut proporsi yang ditentukan oleh hukum Islam.

Unsur-unsur dalam karya tersebut dapat ditelusuri dari matematika Babilonia pada awal milenium ke-2 SM melalui risalah Helenistik, Ibrani, dan Hindu. Pada abad ke-12 karya kedua al-Khawarizm memperkenalkan angka Hindu-Arab (lihat angka dan sistem angka) dan aritmatikanya ke Barat.

Itu hanya diawetkan dalam terjemahan Latin, Algoritmi de numero Indorum (Al Khawarizmi Mengenai Seni Perhitungan Hindu ) Dari nama pengarangnya yang diterjemahkan dalam bahasa latin sebagai Algoritmi, munculah istilah algoritma.

Buku besar ketiganya (The Image of the Earth) diterjemahkan sebagai Geografi), yang menyajikan koordinat lokasi di dunia yang dikenal berdasarkan, pada akhirnya, pada mereka yang ada di Geografi Ptolemy (berkembang 127– 145 M) tetapi dengan nilai yang ditingkatkan untuk panjang Laut Mediterania dan lokasi kota-kota di Asia dan Afrika.

Dia juga membantu dalam pembuatan peta dunia untuk al-Maʾmn dan berpartisipasi dalam proyek untuk menentukan keliling Bumi, yang telah lama dikenal bulat, dengan mengukur panjang derajat meridian melalui dataran Sinjar di Irak.

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Niat Puasa Senin dan Kamis Beserta Keutamaannya

Minggu, 14 Agustus 2022 | 16:47 WIB
X