Barzanji Dalam Kajian Metodologi Studi Islam, Pengertian dan Ditinjau dari Pendekatan Normatif dan Sosiologis

- Kamis, 24 November 2022 | 12:00 WIB
Ilustrasi Kitab: Barzanji Dalam Kajian Metodologi Studi Islam, Pengertian dan Ditinjau dari Pendekatan Normatif dan Sosiologis (Pixabay)
Ilustrasi Kitab: Barzanji Dalam Kajian Metodologi Studi Islam, Pengertian dan Ditinjau dari Pendekatan Normatif dan Sosiologis (Pixabay)

Fokus Muria - Barzanji merupakan kegiatan yang dilakukan orang muslim khususnya warga nahdliyin yang mana kegiatan itu adalah berisi doa dan pujian-pujian terhadap nabi Muhammad.Serta menceritakan kisah nabi Muhammad.

Tetapi ada golongan umat muslim yang mengatakan bahwa barzanji itu merupakan kegiatan bid'ah dan syirik. Yang mana mereka tidak setuju dengan adanya barzanji dan melarangnya.

Karena adanya perbedaan-perbedaan dalam barzanji itulah mengapa kita perlu mengkajinya menggunakan pendekatan-pendekatan dalam Metodologi Studi Islam yang mana kita bisa lebih mengetahui dan melihat barzanji dalam berbagai sudut pandang.

Baca Juga: SHOLAWAT: Inilah Teks Sholawat Tahrim Subuh Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya Bahasa Indonesia

1. Pengertian Barzanji

Berzanji atau barzanji ialah do’a-do’a , puji-pujian dan penceritaan riwayat nabi Muhammad SAW yang dilafalkan dengan suatu irama atau nada yang biasa dilantunkan ketika pembacaan Maulid Nabi.

Biasanya untuk acara tasyakuran kelahiran bayi, khitanan, pernikahan dan acara sholawatan setiap malam Jumat.

Isi barzanji bercerita tentang kehidupan nabi Muhammad, yang disebutkan berturut-turut yaitu silsilah keturunannya,mulai masa kanak-kanak, remaja, pemuda, hingga diangkat menjadi rasul.

Di dalamnya juga mengisahkan sifat-sifat mulia yang dimiliki nabi Muhammad serta berbagai peristiwa untuk dijadikan teladan umat manusia.

Baca Juga: Teks Sholawat Maula Ya Sholli Wasallim Daiman Abada Arab, Latin, dan Terjemahannya Lengkap

Halaman:

Editor: Muhammad Najih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Wudlu

Rabu, 30 November 2022 | 21:41 WIB
X