Kumpulan 8 Petuah Semar Badranaya atau Ismaya Bahasa Jawa Dilengkapi dengan Arti dan Penjelasannya, Ilmu Hidup

- Rabu, 30 November 2022 | 19:36 WIB
Kumpulan 8 Petuah Semar Badranaya atau Ismaya Bahasa Jawa Dilengkapi dengan Arti dan Penjelasannya, Ilmu Hidup (Tangkapan Layar YouTube Kisah Tanah Jawa)
Kumpulan 8 Petuah Semar Badranaya atau Ismaya Bahasa Jawa Dilengkapi dengan Arti dan Penjelasannya, Ilmu Hidup (Tangkapan Layar YouTube Kisah Tanah Jawa)

Fokus Muria - Silahkan simak artikel berjudul 'Kumpulan 8 Petuah Semar Badranaya atau Ismaya Bahasa Jawa Dilengkapi dengan Arti dan Penjelasannya, Ilmu Hidup' berikut ini.

Semar merupakan salah satu tokoh pewayangan yang punya banyak alias atau nama lain.

Nama lain dari Semar yaitu: Ismoyo, Janggan Smarasonto, Ki Lurah Bodronoyo, Ki Lurah Nayantoko, dan masih banyak lagi.

Semar adalah karakter wayang yang biasanya muncul di setiap pertunjukan wayang Jawa Tengah. Dia adalah Punokawan yang lucu tetapi memiliki kebijaksanaan dan kekuatan gaib.

Baca Juga: Apa Arti Fana? Inilah Arti Fana Secara Bahasa dan Arti Fana Dalam Islam

Dia biasanya muncul bersama anak-anak asuhnya Punokawan yang bernama Gareng, Petruk dan Bagong (atau disebut juga Bawor di daerah Banyumas).

Semar adalah karya asli seorang penyair Jawa lokal Sosok Semar dan Punokawan pertama kali muncul di Ghatotkocosroyo karya sastra oleh Empu Panuluh selama Kerajaan Kadiri Dengan bentuk tubuh yang unik.

Semar adalah simbol kehidupan Ia juga memiliki karakter 'Nyegoro' yang berarti memiliki hati seluas samudera Hanya ksatria sejati yang bisa menjadi murid Semar.

Baca Juga: Apa Arti TC? Ternyata Inilah Kepanjangan dan Arti TC, dan Inilah Balasan TC Ulang di WA yang Benar dan Tepat

Semar merupakan tokoh yang bisa dijadikan panutan melalui perkataannya.

Halaman:

Editor: Muhammad Najih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X