Biografi Singkat Sultan Iskandar Muda Sebagai Pahlawan Nasional Indonesia Dari Aceh

- Kamis, 23 Juni 2022 | 06:16 WIB
Biografi Sultan Iskandar Muda, Pahlawan Nasional Penggagas Adat Makuta Alam  (dok. Kemdikbud)
Biografi Sultan Iskandar Muda, Pahlawan Nasional Penggagas Adat Makuta Alam (dok. Kemdikbud)

Fokus Muria - Biografi Sultan Iskandar Muda, Sultan Iskandar Muda adalah sultan terbesar pada masa Kesultanan Aceh, yang memerintah dari tahun 1607 hingga 1636.

Iskandar Muda lahir di Aceh, Banda Aceh pada tahun 1593 atau 1590 dan meninggal di Banda Aceh, Aceh pada tahun 27 September 1636.

Bagaimana Biografi Sultan Iskandar Muda?

  1. Asal muasal Keluarga dan Masa Kecil Sultan Iskandar Muda

Dari pihak ibu, Iskandar Muda merupakan keturunan dari Raja Darul-Kamal, dan dari pihak leluhur adalah keturunan dari keluarga Raja Makota Alam.

Baca Juga: Pasaran Jawa dan Hitungan Neptu Hari Ini, Terbaru 2022! Cocok Sekali untuk Memperhitungkan Banyak Hal

Darul-Kamal dan Makota Alam konon merupakan dua taman bermain pertama, tangga yang dipisahkan oleh sungai dan kombinasinya adalah asal usul Aceh Darussalam.

Iskandar Muda seorang diri mewakili dua cabang yang berhak penuh untuk mengklaim takhta.

Ibunya bernama Putri Raja Indra Bangsa yang juga bernama Paduka Syah Alam adalah anak dari Sultan Alauddin Riayat Syah, Sultan Aceh ke-10; dimana sultan adalah anak dari Sultan Firman Syah, dan Sultan Firman Syah yang merupakan anak atau cucu (menurut Djajadiningrat) dari Sultan Inayat Syah, Raja Darul-Kamal.

Putri Raja Indra Bangsa ini dinikahkan secara akbar dengan Sultan Mansur Syah, putra Sultan Abdul-Jalil, dimana Abdul-Jalil merupakan putra Sultan Alauddin Riayat Syah al-Kahhar yang juga merupakan Sultan Aceh ke-3.

Sultan Iskandar Muda dibesarkan di lingkungan keraton. Ketika sudah cukup umur, Iskandar Muda dikirim oleh ayahnya untuk belajar di Tengku Di Bitai, salah seorang ulama dari Baitul Mukadis, seorang ahli astronomi dan firasat. Iskandar muda belajar nahu darinya.

Halaman:

Editor: Tri Handoko Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak

Kamis, 11 Agustus 2022 | 09:27 WIB

14 Agustus Hari Pramuka Indonesia, Beginilah Sejarah

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:35 WIB
X