Biografi Singkat Mochtar Lubis Penulis Terhebat dari Indonesia

- Minggu, 26 Juni 2022 | 22:00 WIB
Mochtar Lubis dalam halaman depan Indonesia Raya (Biografi.co.id)
Mochtar Lubis dalam halaman depan Indonesia Raya (Biografi.co.id)

Fokus Muria - Profil dan Biografi Mochtar Lubis. Ia dikenal sebagai penulis, jurnalis senior, penulis dan pengarang asal Padang, Sumatera Barat. Bagi pecinta sastra, pasti tidak asing dengan nama Mochtar Lubis ini.

Karena banyak hal yang diburu oleh pecinta sastra Indonesia. ada puluhan buku yang ia tulis dan selalu laris manis di pasaran hingga saat ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang profil dan biografi Mochtar Lubis, seorang jurnalis senior dan penulis hebat asal Indonesia.

Bagaimana Biografi Mochtar Lubis?

Mochtar Lubis adalah putra dari Raja Pandapotan Lubis dan Siti Madinah Nasution. Dalam biografi Mochtar Lubis yang ditulis oleh David T. Hill, diketahui bahwa ayah Mochtar Lubis dikenal sebagai seorang bangsawan Mandailing yang dijuluki Raja Pandapotan.

Baca Juga: Biografi Tere Liye Penulis Indonesia

Ayahnya juga seorang Binnenlands Bestuur (BB) atau pegawai pemerintah kolonial Belanda saat pensiun dengan pangkat asisten bupati. Mochtar Lubis dikenal sebagai anak dari 10 bersaudara.

  1. Masa kecil mochtar lubis

Mochtar Lubis memulai pendidikannya dengan belajar di sekolah berbahasa Belanda untuk Bumiputera atau Hollandsch-Inlandsche School (HIS) pada tingkat dasar yang terletak di sungai penuh.

Setelah lulus ia melanjutkan pendidikan di sekolah ekonomi swasta Kayutanam yang didirikan oleh S.M. Latif di Bukittinggi. Sekolah ini mengajarkan ekonomi, bahasa, matematika dan politik, Tapi Mochtar lebih tertarik pada politik. Dia banyak membaca karya-karya Karl Marx dan Adam Smith. Ia juga biasa membaca tulisan-tulisan tentang nasionalisme dari Soekarno, Sutan Syahrir dan Mohammad Hatta.

Baca Juga: Sinopsis Alchemy of Souls, Drakor Rating Tertinggi

Ia percaya bahwa pendidikan dapat mengubah masyarakat. Di sekolah ini juga, dia bisa belajar bahasa Inggris dan Belanda. Mochtar lulus pada tahun 1939.

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhirnya CCTV Vital Milik Ferdy Sambo Ditemukan

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:47 WIB

'Kerajaan' Ferdy Sambo Di Polri

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:37 WIB

Polri Tetapkan Putri Candrawathi Sebagai Tersangka

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:30 WIB

Sempat Ada Rapat Untuk Melindungi Putri Candrawathi

Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:57 WIB

Penembakan Kucing Di Bandung, Siapa Pelakunya?

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:38 WIB
X