Biografi Sayuti Melik Pahlawan Indonesia, Sang Juru Ketik Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

- Senin, 27 Juni 2022 | 19:46 WIB
Sosok Sayuti Melik, pengetik naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indoensia. (Instagram.com/aliapewe)
Sosok Sayuti Melik, pengetik naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indoensia. (Instagram.com/aliapewe)

Fokus Muria - Sayuti Melik pahlawan Indonesia atau lebih dikenal sebagai juru ketik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Ia juga dikenal aktif di bidang jurnalistik dan politik. Biografi Sayuti Melik, Mohamad Ibnu Sayuti atau Sayuti Melik lahir di Kadisobo, Rejodani, Sleman, Yogyakarta pada 25 November 1908.

Meninggal di Jakarta pada 2 Maret 1989. Sayuti Melik adalah anak dari Abdul Muin alias Partoprawito dan Sumilah. Istrinya adalah Soerastri Karma Trimurti, seorang aktivis perempuan dan jurnalis

Bagaimana Jenjang Pendidikan Sayuti Melik?

Mohamad Ibnu Sayuti memulai pendidikannya di Sekolah Ongko Loro (setara SD) di Desa Srowolan hingga ia duduk di bangku kelas 5. Ia melanjutkan pendidikannya hingga mendapat lulus di Yogyakarta.

Baca Juga: Biodata Lengkap Chef Renatta Moeloek, Apakah Sudah menikah atau bersuami, Agamanya ?

Sayuti Melik melanjutkan pendidikannya di Sekolah Guru di Solo. Namun, ia ditangkap oleh Belanda karena dicurigai terlibat dalam kegiatan politik. Sejak saat itu, ia lebih sering belajar secara otodidak atau autodidak.

Setelah Indonesia merdeka, ia memutuskan untuk kuliah di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Indonesia. Tetapi itu hanya berjalan singkat dan Sayuti Melik tidak sampai mendapatkan gelar.

Sikap Nasionalisme Sayuti Melik bermula dari didikan ayahnya yang pada waktu itu menentang kebijakan Belanda mengenai penanaman tembakau di sawah miliknya. Ia juga belajar nasionalisme saat belajar di Sekolah Guru di Solo.

Sayuti Melik juga menyaksikan penyusunan teks proklamasi kemerdekaan, di ruang makan rumah Laksamana Maeda. Dalam hal ini, ia mewakili kelompok pemuda bersama Sukarni. Selama proses penyusunan teks proklamasi, Sayuti Melik membantu Ir. Soekarno.

Sedangkan Mohammad Hatta dibantu oleh Sukarni. Disebutkan bahwa Sayuti Melik mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Setelah Sayuti Melik mengusulkan hal itu, Sukarni segera mengumumkan bahwa teks proklamasi hanya perlu ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta atas nama rakyat Indonesia.

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhirnya CCTV Vital Milik Ferdy Sambo Ditemukan

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:47 WIB

'Kerajaan' Ferdy Sambo Di Polri

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:37 WIB

Polri Tetapkan Putri Candrawathi Sebagai Tersangka

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:30 WIB

Sempat Ada Rapat Untuk Melindungi Putri Candrawathi

Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:57 WIB

Penembakan Kucing Di Bandung, Siapa Pelakunya?

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:38 WIB
X