Biografi  Lengkap Ibu Fatmawati, Penjahit Sang Saka Merah Putih

- Senin, 27 Juni 2022 | 19:49 WIB
Ibu Fatmawati, Ibu Negara Pertama RI (Kolase Canva/Delfiana AP)
Ibu Fatmawati, Ibu Negara Pertama RI (Kolase Canva/Delfiana AP)

Fokus Muria - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari sosok seorang wanita cantik bernama Fatmawati. Sosok perempuan yang lahir di Bengkulu, 5 Februari 1923 ini merupakan penjahit Sang Saka Merah Putih yang akan di kibarkan pada 17 Agustus 1945. Usai pembacaan proklamasi yang dibacakan oleh Presiden Soekarno di Jakarta.

Siapkah Ibu Fatmawati?

Biografi Ibu Fatmawati, Fatmawati adalah ibu negara Presiden Soekarno yang juga dikenal sebagai penjahit bendera pusaka. Ibu Fatmawati lahir pada hari Senin 5 Februari 1923 pukul 12.00 di Bengkulu. Fatmawati merupakan putri tunggal dari pasangan H. Hasan Din dan Siti Khadijah dari keluarga Muhammadiyah.

Diketahui bahwa ibu Fatmawati bahwa ia belajar di Hollandsch Inlandsche School (HIS) dan kemudian mengambil pendidikan khusus di sekolah yang dikelola oleh organisasi Katolik. Fatmawati mulai menyukai kegiatan berorganisasi sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Ia aktif di organisasi Naysatul Asyiyah yang merupakan organisasi perempuan di bawah organisasi Muhammadiyah. Ia mengenal Soekarno sejak Soekarno dipindahkan ke pengasingan di daerah Flores, NTT.

Baca Juga: Pantai klayar Objek wisata Incaran Para Wisatawan

Saat itu Bung Karno bekerja sebagai guru di sebuah sekolah Muhammadiyah dan Fatmawati adalah seorang murid saat itu. Dimana wanita peraih bintang kehormatan Maha Putra Adi Pradana tahun 1995 ini menikah dengan Soekarno pada tahun 1943.

Sebelum menikah dengan Soekarno, Fatmawati bertemu dengan Bung Karno saat diasingkan di Bengkulu, dari tahun 1938 hingga 1942. Selama di Bengkulu, Bung Karno pernah mengajar di sekolah Muhammadiyah. Dari situ Bung Karno mengenal Fatmawati.

Perjalanan cinta Ibu Fatmawati dan Presiden Soekarno membutuhkan perjuangan yang sangat berat. Demi mendapatkan cinta fatmawati yang sangat ia cintai. Dengan paksaan yang besar, Bung Karno harus merelakan BU Inggit, seorang istri dengan sosok yang tegar dan tulus yang mendampingi Bung Karno dalam perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

Banyak perjuangan yang telah mereka lalui bersama, namun takdir berkata lain, pahit manisnya hidup yang mereka lalui harus berakhir.Hingga akhirnya pada 1 Juni 1943, Bung Karno menikah dengan Fatmawati.

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhirnya CCTV Vital Milik Ferdy Sambo Ditemukan

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:47 WIB

'Kerajaan' Ferdy Sambo Di Polri

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:37 WIB

Polri Tetapkan Putri Candrawathi Sebagai Tersangka

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:30 WIB

Sempat Ada Rapat Untuk Melindungi Putri Candrawathi

Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:57 WIB

Penembakan Kucing Di Bandung, Siapa Pelakunya?

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:38 WIB
X