Biografi Tirto Utomo Pendiri Aqua

- Rabu, 29 Juni 2022 | 20:57 WIB

Fokus Muria - Profil dan Biografi Tirto Utomo, Founder Aqua yang Dianggap Tergila-gila Air Minum Dalam Kemasan. Orang Indonesia pasti tahu merek Aqua. Brand ini sudah dikenal masyarakat di semua wilayah mulai dari perkotaan hingga pedesaan. Aqua adalah pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia yang merupakan ide yang dianggap gila oleh Tirto Utomo yang tak lain adalah Founder Aqua.

Bagaimana Biografi Tirto Utomo?

  1. Biografi Tirto Utomo

Tirto Utomo atau Kwa Sien Biauw lahir di Wonosobo, Jawa Tengah, 8 Maret 1930. Karena Wonosobo tidak memiliki SMP, Tirto Utomo harus berada di Magelang yang berjarak sekitar 60 kilometer, perjalanan ditempuh dengan sepeda.

Baca Juga: Biografi Kahlil Gibran Sang Penyair Terkenal di Dunia

Hidupnya cukup baik karena orang tuanya adalah pengusaha susu sapi dan pedagang ternak. Setelah lulus dari SMP, Tirto Utomo melanjutkan pendidikannya ke HBS (setingkat SMA pada zaman Hindia Belanda) di Semarang dan kemudian di Malang. Masa remaja Tirto Utomo dihabiskan di Malang dan disanalah ia bertemu dengan Lisa/Kienke (Kwee Gwat Kien). Seperti kebiasaan di sekolah Katolik pada waktu itu, sekolah untuk anak laki-laki dan perempuan dipisah.

  1. Menjadi Jurnalis Sin Po

Selama dua tahun kuliah di Universitas Gajah Mada di Surabaya, ia menghabiskan waktu luangnya sebagai wartawan Jawa Pos dengan tugas khusus meliput berita pengadilan. Namun karena kuliah yang tidak menentu, Tirto akhirnya pindah ke Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Selama kuliah di Jakarta, ia bekerja sebagai Pemimpin Redaksi harian Sin Po dan majalah Pantja Warna. Tirto menikah dengan seorang wanita bernama Lisa.

Bencana datang pada tahun 1959. Tirto diberhentikan sebagai pemimpin redaksi Sin Po. Hasil dari sumber keuangan keluarga tidak jelas. Namun akibat kejadian tersebut, Tirto Utomo memiliki keinginan bulat untuk menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum UI.

Baca Juga: Bio Instagram Aesthetic Singkat, Berikut Adalah 10 Bio Ig Aesthetic Singkat Bahasa Inggris

Sementara istrinya, Lisa, bertindak sebagai pencari nafkah dengan mengajar dan membuka usaha katering, Tirto belajar dan juga membantu istrinya.

  1. Bekerja di Pertamina

Setelah diterima, ia ditempatkan di Pangkalan Brandan. Di sana, kebutuhan mandi masih menggunakan air sungai. Berkat kegigihannya, Tirto Utomo akhirnya bangkit dipercaya sebagai ujung tombak pemasaran minyak.

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X