Apa fungsi Garis Lintang dan Garis Bujur?

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 07:19 WIB
Kosakata yang Terkait dengan Topik Rotasi, Garis Lintang, Garis Bujur, Kelas 6 SD MI Tema 8 Halaman 18  (Pixabay/ Sweetlouise)
Kosakata yang Terkait dengan Topik Rotasi, Garis Lintang, Garis Bujur, Kelas 6 SD MI Tema 8 Halaman 18 (Pixabay/ Sweetlouise)

Fokus Muria - Pernahkah Anda memperhatikan garis-garis pada peta? Ini adalah garis imajiner yang disebut garis lintang dan garis bujur. Penasaran lintang dan bujur digunakan untuk apa? Yuk, simak penjelasannya. Baik di peta maupun globe, garis bujur dan garis lintang merupakan komponen penting.

Hal ini dikarenakan kedua garis khayal tersebut adalah koordinat yang bisa menentukan letak suatu tempat atau lokasi. Sebelum mengetahui fungsi garis lintang dan garis bujur, ada baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Baca Juga: Peran Penting Ahmad Soebardjo Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan RI

Apa itu Garis Lintang?

Garis lintang ialah garis maya, bentuknya melingkari bumi dan ditarik dari barat ke timur, atau garis khayal yang berguna untuk menentukan letak bumi kepada garis khatulistiwa. Garis lintang 0 derajat juga dikenal sebagai garis khatulistiwa atau ekuator, yang membagi bumi menjadi dua bagian yang sama besar antara belahan bumi selatan dan utara.

Lintang dibagi menjadi dua bagian yaitu lintang utara dan lintang selatan. Lintang Utara (LU) berada di utara khatulistiwa, kemudian Lintang Selatan (LS) berada di selatan khatulistiwa.

Apa yang dimaksud dengan garis bujur?

Bujur adalah garis khayal yang lurus. Garis ini menghubungkan bumi dari kutub utara ke kutub selatan. Bentuk bujur ini mengikuti bentuk bumi yang bulat, sehingga bujur memiliki besar 360 derajat. Bujur juga terdiri dari dua garis,  bujur barat dan bujur timur.

Baca Juga: MUI, Hewan Terkena Virus PMK Tetap Sah Sebagai Hewan Kurban Selama Dalam Kategori Ringan

Bujur barat terletak di barat Greenwich dan bujur timur terletak di timur Greenwich. Sebenarnya tidak ada standar khusus yang menjelaskan dasar penentuan bujur barat dan bujur timur.

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X