Apa yang Dimaksud Mimikri?

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:45 WIB
Apa yang Dimaksud Mimikri? (wikipedia)
Apa yang Dimaksud Mimikri? (wikipedia)

Fokus Muria- Pengertian mimikri adalah kemampuan beradaptasi yang dikalikan oleh beberapa jenis hewan untuk tujuan tertentu seperti mencari makanan untuk melindungi diri dari bahaya, kemampuan ini sangat unik karena hanya dimiliki oleh beberapa spesies hewan.

Salah satu contoh hewan yang memiliki kemampuan mimikri adalah bunglon, yang dapat mengubah warna kulitnya tidak pada tempatnya.

Baca Juga: Bografi Singkat Sultan Muhammad Al Fatih

Apa itu Mimikri?

Pengertian mimikri adalah proses perubahan yang dilakukan oleh suatu spesies hewan sehingga dapat menyerupai tempat yang didiaminya, atau yang dimaksud dengan mimikri adalah proses perubahan yang dilakukan pada jenis hewan tertentu untuk beradaptasi meniru perilaku hewan lain.

Istilah mimikri sendiri berasal dari kata mimic yang dapat diartikan meniru. Sehingga mimikri sering dikatakan sebagai kemampuan yang dimiliki hewan tertentu pada suatu objek. sebagian besar kemampuan ini sering digunakan untuk menghindari bahaya yang mengancam untuk menangkap mangsa.

Baca Juga: Biografi Singklat Ibnu Al Haitham Kisah Bapak Optik Modern

Apa perbedaan antara Mimikri dan Kamuflase?

Seperti dijelaskan di atas, pengertian mimikri adalah proses perubahan warna dan perilaku pada hewan untuk beradaptasi dengan lingkungannya dan menghindari ancaman. Sedangkan kamuflase adalah upaya untuk menyamakan bentuk dan warna tubuh dengan lingkungan.

Jadi dalam kamuflase hewan tidak berubah warna hanya dengan mencocokkan diri, misalnya hewan memiliki tubuh berwarna hijau untuk berkamuflase dengan warna hijau.

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X