Pengertian Supervisi Menurut Para Ahli

- Minggu, 26 Juni 2022 | 15:29 WIB
Pengertian Supervisi Menurut Para Ahli (Sora Shimazaki/pexels)
Pengertian Supervisi Menurut Para Ahli (Sora Shimazaki/pexels)

Fokus Muria - Pengertian supervisi secara umum dan menurut para ahli. secara singkat supervisi jika ditinjau dari segi etimologis, supervisi berasal dari kata “super” dan kata “visi” yang masing-masing artinya di atas dan juga visi.

 Jadi jika secara etimologis pengertian supervisi adalah penglihatan dari atas, maka pengertian itu adalah arti kiasan yang menggambarkan suatu kedudukan yang melihat seseorang lebih tinggi dari apa yang dilihat.

Apa Pengertian Supervisi?

Jadi dapat diartikan secara umum supervisi adalah pengendalian dan pengendalian terhadap tingkat pegawai yang berada di bawahnya dalam suatu organisasi atau kelompok. Orang yang melakukan kegiatan supervisi biasanya disebut dengan Supervisor.

Baca Juga: Biografi Singkat Najwa Shihab

Supervisi tidak hanya pejabat atau pejabat dari kantor pembinaan, tetapi kepala sekolah, guru bahkan siswa dapat menjadi pengawas, jika misalnya diberi tugas untuk memimpin suatu kelas, organisasi atau kelompok.

Pengertian supervise di dalam pendidikan

Sedangkan pengertian supervisi pendidikan adalah pembinaan dalam bentuk bimbingan atau pembinaan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu belajar mengajar pada khususnya.

Kemudian pengertian supervisi klinis adalah supervisi yang ditujukan untuk meningkatkan pembelajaran melalui suatu siklus yang dimulai dari perencanaan, observasi dan analisis intensif terhadap kinerja pembelajaran yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Dan pengertian supervisi akademik adalah rangkaian kegiatan untuk membantu pimpinan mengembangkan proses pengolahan suatu kegiatan untuk mencapai sasaran kegiatan.

Halaman:

Editor: Agus Sutanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X