Bangunan Candi Borobudur Terdiri Atas Tiga Tingkatan, Begini Cara Menghitung Stupa Kecil Bagian Arupadhatu

- Senin, 23 Januari 2023 | 23:27 WIB
Bangunan Candi Borobudur Terdiri Atas Tiga Tingkatan, Begini Cara Menghitung Stupa Kecil Bagian Arupadhatu (pexels.com/id-id/@charldurand)
Bangunan Candi Borobudur Terdiri Atas Tiga Tingkatan, Begini Cara Menghitung Stupa Kecil Bagian Arupadhatu (pexels.com/id-id/@charldurand)

Fokus Muria - Jawaban jumlah stupa kecil pada bagian Arupadhatu Candi Borobudur dan strategi menghitungnya akan ditampilkan dalam artikel ini.

Saat ini soal cerita tentang “Bangunan Candi Borobudur terdiri atas tiga tingkatan…” sedang banyak ditanyakan di internet.

Namun sebelum menuju ke jawaban, inilah pertanyaan lengkap tentang yang dilansir dari Buku Matematika Kelas 8 Kurikulum 2013 Kemdikbud:

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Matematika Kelas 8 Semester 2 Halaman 200, 201, dan 202 Ayo Kita Berlatih 8.7 Kurikulum 2013

“Bangunan Candi Borobudur terdiri atas tiga tingkatan, yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Arupadhatu merupakan bagian teratas candi yang denah lantainya berbentuk lingkaran.

Di atas lantai ini terdapat sejumlah stupa kecil berbentuk lonceng yang disusun dalam tiga teras lingkaran melingkari stupa induk seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Gambar Soal (Buku Kemdikbud)

Pikirkan berapa banyak stupa kecil pada bagian Arupadhatu tersebut? Tuliskan strategimu.”

JAWABAN

Halaman:

Editor: Ahmad Khakim

Sumber: Buku Kemdikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X